9 Januari 2016

Cabai Merah Keriting Masih Menjadi Primadona Para Petani


Hello sobat agri sekalian, kali ini admin akan menulis sedikit tentang cabai merah keriting. Dimana menurut admin bertanam cabai merah keriting bisa menjadi artenatif dalam meraup pundi pundi rupiah. Baik dalam skala hobby yang ditanam disekitar rumahan maupun skala kormesil yang ditanam dikebun yang luas.
Cabai merah keriting mulai banyak dilirik oleh pelaku agribisnis karena manfaatnya yang sangat beraneka ragam, baik untuk bumbu masakan ataupun produk olahan. Hal ini bisa kita lihat dimakanan yang kita makan sehari hari, kurang pas jika ada suatu masakan yang dimasak tanpa dibumbui oleh cabai merah tersebut,

Pohon cabai keriting umum nya memiliki tinggi tanaman sekitar 70-110 cm, dengan panjang buah kisaran 9 - 15 cm, dan diameter 1 - 1,75 cm. Buah nya bewarna hijau saat masih muda dan bewarna merah jika sudah masak. Cabai keriting memiliki permukaan buah yang ramping, berlekuk lekuk, bergelombang atau mengeriting. Daging buah umum nya relatif tipis, dan memiliki daya simpan yang lebih tahan lama. Sehingga tidak heran jika menanam cabai keriting masih menjadi primadona para petani untuk dibudidayakan.

Permintaan cabai keriting ini tidak pernah sepi pembeli dan justru meningkat dari tahun ke tahun, yang ada malah pasokan yang masih terbatas. Maka jangan heran bila harga cabai keriting dibeberapa daerah bisa meroket dari harga normalnya. Di sisi lain hal ini memberi keuntungan bagi para petani karena harga nya mahal, sehingga potensi keuntungan bisa berlipat lipat, Namun bagi ibu rumah tangga akan mengomel karena harga cabai mahal.

Bagi para petani tetap usaha ini memiliki resiko yang tinggi karena dalam hal perawatan cabai keriting ini termasuk tanaman yang susah susah gampang, Oleh sebab itu para petani harus memiliki ketrampilan, ketelitian, dan ketekunan untuk mengurangi resiko gagal panen. Jika seluruh faktor resiko dapat diatasi atau diminimalisir maka tingkat keuntungan atau laba bersih yang diperoleh dari usaha cabai keriting ini minimal adalah sekitar 60% dari modal yang dikeluarkan.

Gimana sobat? Anda tertarik untuk menanam cabai keriting, baik dalam segi rumahan ataupun secara kormesil. tunggu artikel berikutnya. Dimana Admin akan menjelaskan beberapa variates cabai keriting yang banyak dibudidayakan, Sehingga hasil panen bisa berlimpah.
Salam Panen.


1 komentar: