15 Maret 2013

Beda Insektisida Kontak dengan Sistemik


Sering orang bertanya apa perbedaan racun kontak dengan racun sistemik? Berikut akan kami sampaikan secara singat.
Pernahkan Anda mengamati label pada insektisida? Di sana tercantum sifat dari insektisida tersebut: kontak dan racun perut atau sistemik. Tujuan pencantuman oleh produsen insektisida tersebut untuk memudahkan pemakainya dalam memilik insektisida yang cocok melawan hama. Namun apa arti sifat tersebut sesungguhnya?
1. Insektisida kontak: insektisida kontak efektif membunih hama bila insektisida tersebut terkena langsung hama. Bahan aktif pada insektisida tersebut akan masuk ke jaringan tubuh hama dan mengganggu fungsi fisiologisnya. Namun ada pula tercantum kontak dan racun perut. Itu artinya insektisida akan membunuh hama sasaran yang terkena langsung, tetapi bisa pula membunuh hama bukan sasaran yang memakan daun atau bagian tubuh tanaman yang terkena insektisida.
2. Insektisida racun perut atau sistemik: insektisida racun perut akan berfungsi bila hama memakan, mengunyah, atau mengisap bagian tanaman yang sudah tersemprot insektisida (tanaman menjadi bersifat racun). Insektisida ini cocok dipakai untuk hama yang sifat serangannya menghisap atau menusuk bagian tanaman seperti golongan aphids yakni kutu dan thrips. Insektisida sistemik cocok dipakai sebagai pencegahan atau preventif.

2 komentar:

  1. saya dari kebun bibit menawarakan bebrapa Insektisida Racun Kontak untuk menghilangkan / membunuh hama pada tanaman, bila anda minat bisa kungjungi link kami http://kebunbibit.id/insektisida-racun-kontak/

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus